Sabtu, 17 Maret 2012

Pray For Muamba



Dikutip dari sebuah situs olahraga online :

London - Insiden kolapsnya Fabrice Muamba langsung mengundang reaksi simpati dari berbagai kalangan termasuk sesama pesepakbola Inggris. "Pray For Muamba" pun ramai dikicaukan di social media.

Pada pertandingan perempatfinal Piala FA di White Hart Lane, Sabtu (17/3/2012), Muamba terjatuh dan tak sadarkan diri di lapangan lima menit menjelang akhir babak pertama.

Tidak jelas apa yang sesungguhnya dialami bek Bolton kelahiran Zaire itu, tapi sepertinya sangat serius, sampai-sampai tidak ada tayangan ulang dari insiden kolapsnya dia.

Menurut sebuah laporan, bek Bolton Wanderers itu jatuh cukup jauh dari pemain-pemain lain. Tapi begitu disadari, terlihat bahwa betapa seriusnya situasi pada pemain berusia 23 tahun itu. Dugaan pertama, Muamba terkena serangan jantung.

Para pemain kedua tim terlihat syok saat Muamba ditangani tim medis. Di antara mereka ada yang memegang kepala, menutup muka, bahkan Jermain Defoe sampai menangis. Di pinggir lapangan, Sanli Tuncay tampak berdoa dengan serius untuk rekan setimnya.

Ketika staf medis (dari kedua tim) datang, wajah Muamba mengarah ke tanah. Tubuhnya lalu dibalikkan, dan beberapa detik kemudian petugas memberinya bantuan pernafasan. Alat kejut jantung kabarnya sempat difungsikan dua kali, karena Muamba konon tidak bernafas.

Sementara itu seisi stadion hening, semua penonton terdiam, menunggu Muamba siuman, berharap tidak ada hal yang lebih buruk pada pemain kelahiran Zaire itu. Beberapa penonton terlihat menangis. Sesekali mereka menyanyikan nama Muamba, baik suporter Tottenham maupun Bolton.

Televisi yang menyiarkan langsung pertandingan memutuskan tidak sekalipun menayangkan ulang insiden tersebut, demi menjaga etika pada seseorang yang sedang berjuang untuk tetap hidup.

Sekitar 10 menit dirawat di lapangan, petugas menandu Muamba ke luar lapangan, masih dalam keadaan tak sadar. Manajer Owen Coyle dan kapten Kevin Davies menemani Muamba ke ambulans sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat.

Suasana masih "mencekam". Wasit Howard Webb lalu berdiskusi dengan kapten dan manajer kedua kesebelasan, dan kemudian memutuskan menghentikan pertandingan.

Penonton mereaksi pengumuman itu dengan bertepuk tangan, memberi aplus untuk Muamba. Sekali lagi mereka menyanyikan nama bek tengah yang pernah memperkuat Arsenal dan Birmingham City itu.

"Fabrice Muamba dimasukkan ke pusat serangan jantung di London Chest Hospital, di mana dia saat ini adalah kondisi kritis dalam perawatan intensif," demikian pernyataan resmi Bolton dalam situs mereka, tiga jam setelah insiden.



Spoiler for beberapa saat setelah Muamba terjatuh:





Spoiler for William gallas memanggil medic:





Spoiler for medical help:





Spoiler for medical help:





Spoiler for medical help:





Spoiler for medical help:





Spoiler for medical help:



Spoiler for keresahan meskipun bukan satu tim:







sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13592632

0 komentar:

Posting Komentar