Selasa, 13 Maret 2012

Cantiknya "Lukisan" di Permukaan Kopi

blogbelajarpintar

Espresso, susu dan foam, ketiganya jadi bahan untuk membuat "lukisan" oleh para barista. Hasil karya mereka tentunya bukan dipajang dalam bingkai tapi dalam cangkir-cangkir kopi.

Saat Anda menyesap secangkir cappucino di kedai kopi kesayangan, pasti perhatian tertuju pada bentuk daun di permukaan. Itu merupakan hasil karya seni barista profesional yang disebut Latte Art.

Istilah Latte Art digunakan untuk menyebut gambar atau desain yang disebut pada permukaan minuman berbasis espresso. Karya seni ini, sudah ada sejak 1988 di Italia dan menyebar di berbagai negara di seluruh dunia.

Pada era modern, latte art berfungsi bukan hanya menampilkan sisi estetis dalam secangkir kopi, tetapi juga untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih baik. Tak sembarang orang bisa membuat latte art karena dibutuhkan keahlian khusus.

Sebuah kompetisi Latte Art digelar pada 9 hingga 11 Maret 2012 lalu di Javits Center, New York, Amerika Serikat. Penilaian pun didasarkan pada beberapa faktor, antara lain keindahan bentuk dan komposisi warna. Yeung Yiu-fai, yang berasal dari Hong Kong berhasil mendapat gelar juara.

Penasaran seperti apa keindahan karya para barista dalam kompetisi tersebut? Manjakan mata Anda dengan melihat "lukisan" barista dalam cangkir di galeri foto ini.



sumber: vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar