Senin, 12 Maret 2012

Mari Mengenal Bintang

Lahirnya Bintang
bintang tercipta pada awan gas dan debu di dalam galaksi. selama ratusan ribu tahun, gas dan debu bersatu, lalu pecah menjadi ratusan atau ribuan awan yang lebih kecil. tiap awan kecil itu kemudian berubah menjadi bola gas berputar yang disebit protobintang , inilah tanda pertama kelahiran sebuah Bintang
Spoiler for protobintang:
[Image: protostar-440x339.jpg]
di pusat bola terdapat gas yang sangat padat, yang akan memproduksi energi untuk mengubah protobintang menjadi bintang dewasa.
gravitasi menarik gas pada protobintang ke pusatnya. saat gas semakin melumat, ia menjadi semakin panas. gas yang terpadat dan terpanas ada di bagian inti. saat suhu mencapai sekitar 10 miliar derajat celcius (blogbelajarpintar) (Matabelo) terjadilah reaksi nuklir.
Spoiler for reaksi nuklir:
[Image: Triple-Alpha_Process.png]
hidrogen pada inti berubah menjadi helium dan melepaskan energi. dua bentuk enegeri ini adalah sinar dan panas. bintang mulai menyala dan akan bersinar terus menerus selama jutaan atau bahkan miliaran tahun. Hore

suhu dan panas bintang
semua bintang bersuhu panas , bahkan beberapa sangat panas. bintang terpanas bersuhu 40.000 derajat Celcius. warna bintang tergantung pada suhu permukaannya.
Spoiler for diagram:
[Image: Hrcolour.jpg]
berdasarkan warna dan suhunya, ada tujuh jenis bintang
(merah,orange,kuning,hijau,biru muda,biru tua,ungu)


Bentuk,ukuran,dan massa
Spoiler for inti bintang:
[Image: 121469_ilustrasi-planet-psr-j1719-1438-r...00_225.jpg]
semua bintang berbentuk bola. tidak ada bintang yang berbentuk [Image: 1216181106356570529jean_victor_balin_ico...vg.med.png]dan tidak ada yang berkelap-kelip. mereka tampak bersinar saat cahayanya melewati atmosfer bumi. bintang terdiri atas hidrogen dan beberapa helium dan berbentuk bola karena gravitasi bintang.
ada perbedaan jumlah gas dalam setiap bintang. jumlah gas dalam suatu bintang disebut massa bintang, yang besarnya tidak tetap sejak bintang itu terbentuk. massa tidak sama dengan ukurannya. sebuah bintang dgn massa lebih besar dari matahari, berarti tersusun atas banyak material. bintang dengan ukuran lebih besar, berarti lebih luas. sebuah bintang besar belum tentu massanya besar-ini bisa saja karena gas yang ada tersebar. beberapa bintang bermassa besar, bentuknya kecil karena gas yang ada memampat(berkumpul)


intensitas cahaya Bintang
ada dua skala intensitas cahaya bintang. pertama, magnitudo absolut, yaitu skala intensitas cahaya yang sebenarnya. skala ini mengandaikan semua bintang berjarak sama dari bumi. kedua, magnitudo tampak, yaitu skala intensitas cahaya yang terlihat dari bumi. skala ini memperhitungkan jarak yang sesungguhnya dari bumi.
matahari merupakan bintang paling terang menurut skala magnitudo tampak. namun, jika dibandingkan dengan bintang lain pada jarak yg sama, matahari akan terlihat redup.
Spoiler for matahari di pluto:
[Image: matahari-dilihat-dari-pluto.jpg]


Gugus Bintang
Spoiler for gugus bintang:
[Image: m45_russell_big.jpg]
bintang-bintang berkumpul dalam kelompok yang disebut gugus bintang. kelompok bintang muda disebut gugus bintang. kelompok bintang muda disebut gugus terbuka. sering kali bintang-bintang dalam suatu gugus bergerak menjauh setelah jutaan tahun. namun, sebagian gugus bintang tetap bersatu - disebut gugus bola. matahari lahir dalam suatu gugus bintang, kemungkinan bersama dengan bintang kembarannya matahari telah bergerak jauh.


Umur bintang
umur sebuah bintang ditentukan oleh massanya (materi pembentuk). matahari dapat hidup selama 10 miliar tahun dan kini sudah mencapai separuh masa hidupnya (katanya). bintang dengan massa yang lebih besar memiliki umur yang lebih pendek.yang terlama, hanya beberapa juta tahun saja.
bintang bermassa kecil memiliki umur lebih panjang, bisa hidup sampai miliar tahun Matabelo
Spoiler for akhir hayat bintang:
[Image: matahari-dilihat-dari-pluto.jpg]





sumber: http://tuanmuda.us/showthread.php?tid=17042

0 komentar:

Posting Komentar